Richa's Fans

Rabu, 18 Maret 2015

Jobless jangan hopeless

Konbanwa, Minasan....!

Lama banget rasanya nggak ngepost sesuatu di blog tercinta ini ^^. Maklum ya lagi transisi ke kerjaan baru, jadi rada2 sibuk gitu deh..
Sibuk apa??? Ya sibuk menghapal  istilah2 di kerjaan baru, sibuk belajar cara dan prosedur, juga sibuk ngapalin nama2 semua karyawan. Nggak lucu kan kalo gue mau minta tolong sama teman 1 kerjaan tapi nggak tau siapa namanya.. masa iya gue panggil, mas mas mbak mbak neng neng bu bu, dll.
Daaaaaann ada lagi yg bikin sibuk apakah itu??? Yappp mikirin kesalahan2 yg terjadi saat belajar.
Yaa.. namanya juga manusia pasti tak luput dari kesalahan, ya gara2 lupa lah, gak ngerti lah, gak tau lah.. (ceileehh..)

...Flashback ke setengah abad yang lalu yah..

Nganggur hampir setengah tahun bikin gue stres. Why?? I got Jobless + hopeless.. Yanasib yanasib :'(
Duit kere, gak ada yang merhatiin gak ada yg ngejajanin, ga ada yg ngucapin. Hiksss

Selama nganggur gue makan tidur ngemil makan tidur ngemil makan tidur ngemil makan tidur ngemil makan tidur ngemil dan seterusnya.. Alhasil badan melar, muka kucel karna jarang mandi. Yaiyalah ngapain juga mandi, toh gak kemana2 dan gak ada yg ngapelin. Uhuk uhuk sedihnya :'(

Back to main topic...

Jobless dan hopeless nggak bikin gue diem gitu aja terima nasib jadi sarjana pengangguran. Malu sama orang tua, keluarga dan yg pasti malu sama diri sendiri. Masa orang tua gue yg gak s1 bisa kuliahin anaknya, terus anaknya gak jadi apa2. Tetep harus bisa balas budi orang tua dong.. Lagian boring juga keleus.. so.. berbagai cara gue lakukan buat mengangkat derajat gue dari keterpurukan ini.
Cari lowongan kerja dari jobstreet lah, jobsdb lah, tanya2 ke mbah google, minta info lowongan kerja sama orang lah, ngikutin ajakan temen ke jobfair lah.. pokoknya gue maju terus pantang mundur.
Dan hari demi hari gue gunain buat dateng ke undangan interview dan psikotes.

Dateng ke undangan tersebut nggak mudah lho, pasti ada yg harus di persiapkan. Apakah itu????
1. Pengetahuan akan perusahaan yg dilamar. Itu pasti, misalnya lo ngelamar di restaurant fast food MDC, masa lo ga tau bergerak di bidang apa, gimana sejarah nya.

2. Belajar tentang posisi  yg di lamar di job application kita. Yaiyalah secara kalo nggak tau jobdesknya gimana si interviewer mau nilai kemampuan kita. Ya harus tau secara umumnya, gak perlu detail, misalkan jadi receptionis ya memberikan pelayanan prima dengan penuh perhatian kepada tamu baik dalam memberikan informasi maupun kebutuhan si tamu.

3. Cari tahu alamat tempat psikotes dan interview masa iya telat interview gara2 nyasar sana sini gara2 gak tau jalan.
Tips dari gue pribadi sih ya dengan cara googling sana sini ( yg paling membantu sih ya google maps, googling rute kereta dan bus. Dari situlah petualangan gue dalam mengecer dimulai, dan akhirnya gue bisa mandiri kaya sekarang lagi) HOREEEE...!!!. Kalo bukan usaha sendiri lalu siapa lagi?? Secara gue kan jomblo, masa iya minta anterin sama gebetan2. Hahaha...

4. Persiapkan uang.
Buat apa???
Ya buat naik umum, buat ngeprint job application, cuci foto, copy ktp,  beli map, beli es, beli jajan, dan tetekbengek lain yg nggak bisa disebutkan satu persatu.

5. Persiapkan fisik.
Ini juga penting banget dan paling penting dari yang terpenting (tapi kok ditaro di point ke-5 ya?? Hehehe) Eh tapi serius loh poin ini penting banget, coz jangan sampai sakit di hari H interview, bisa rusak perjuangaan yg udah susah payah ditempuh, karna biasanya semua bertahap.
Dari mulai seleksi surat  lamaran kerja, interview, psikotest, dan kalau lolos ya ikut interview tahap akhir, malah ada juga yg kalo semua tahap itu lolos, ada tahap medical check up nya. Nah.. Kalo one step closer itu gagal karena sakit ya udah deh keluar pepatah karena nila setitik  bisa rusak susu.sebelanga. Hadeh..

Oke, next ke petualangan dalam mencari pekerjaan.
Kalo kata steve Job:
The only one to do great work is to love what you do. If you haven't found it yet, keep looking. Don't settle. As with all matter of the heart. You'll know when you found it.

Intinya kalo mau hasil kerja yg baik, bekerjalah dengan passion. Kalo nggak, ya udah deh tinggalin, terus cari lagi yang lain yg sesuai.

To be continue....

"  -_-" ngantuk berat nih udah jam 4 pagi. Bobo dulu yaaa... bye bye ^^ "

1 komentar:

  1. How do you playtech technology? - Sportsbet review 온라인카지노 온라인카지노 jeetwin jeetwin 934steve will do it gambling

    BalasHapus